Nasi Tumpeng Peresmian Kantor


Salah satu bentuk penyajian makanan yang populer di Indonesia saat menyelenggarakan acara kantor, syukuran, selamatan, hingga peringatan hari besar adalah nasi tumpeng. Nasi tumpeng adalah cara penyajian nasi beserta lauk pauknya dengan menggunakan sebuah wadah yang terbuat dari anyaman bambu berbentuk bundar atau yang biasa disebut dengan tampah. Cara menyajikan makanan semacam ini biasanya digunakan dalam acara syukuran atau peresmian kantor. Nasi tumpeng sangat populer di Indonesia karena praktis dan menunya lumayan komplet.

Awalnya nasi tumpeng ini hanya dikenal oleh masyarakat di daerah Jawa, Madura dan Bali saja, dan hanya disajikan pada saat acara besar saja, tetapi kini sudah tidak lagi. Seiring perkembangan jaman, kini nasi tumpeng telah dikenal luas dan banyak disuguhkan pada acara-acara penting oleh hampir seluruh masyarakat di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sekarang nasi tumpeng sering pula disajikan untuk acara ulang tahun dan pernikahan. Fungsi nasi tumpeng pun tidak lagi digunakan hanya untuk acara peresmian atau upacara pembukaan saja. Salah satunya, seperti lahirnya tren nasi tumpeng jadi Bingkisan acara ulang tahun dan pernikahan, sebagai pengganti nasi kotak atau prasmanan. Maka sekarang orang lebih suka pesan nasi tumpeng karena praktis dan harganya sangat terjangkau.

Nasi tumpeng merupakan cara penyajian nasi kuning yang dibentuk menyerupai kerucut dan dilengkapi dengan aneka lauk pauk seperti telur dadar, ayam goreng dan sambal kering yang ditata mengelilingi nasi. Jika dulu nasi tumpeng harus mengikuti pakem/aturan tertentu sesuai adat Jawa, kini selain cara penyajian nasi tumpeng yang telah mengalami banyak perubahan, variasi menu nasi tumpeng pun bisa disesuaikan dengan permintaan pemesan. Misalnya untuk orang Padang, nasi tumpeng yang disajikan biasanya menu nasi tumpeng dengan nuansa masakan Padang. Begitu pula untuk masyarakat Bali, biasanya orang Bali memilih lauk pauk nasi tumpeng dengan masakan Bali.

Nasi tumpeng ini sangat identik dengan pelengkap dalam sebuah ritual, baik itu ritual atau upacara peringatan hari-hari besar, upacara syukuran himgga upacara selamatan. Nasi tumpeng lebih dari sekedar simbol untuk sebuah tradisi atau budaya saja, tetapi nasi tumpeng juga pada akhirnya akan dikonsumsi oleh para peserta yang mengikuti acara tersebut.

Menyiapkan nasi tumpeng untuk banyak orang bisa menjadi hal merepotkan bagi siapa saja yang tidak berpengalaman. Meskipun terkesan sepele, jika tidak berpengalaman menyediakan nasi tumpeng dalam jumlah besar, pasti akan kewalahan jika harus menyiapkan semuanya sendiri. Apalagi kalau Anda tidak punya keterampilan memasak, dikhawatirkan hasilnya justru malah akan kurang memuaskan.

Sekarang ini orang Jakarta Barat maunya yang serba praktis tanpa perlu repot lagi memasak di dapur. Memang memasak dalam jumlah banyak itu sangat merepotkan dan bikin tempat jadi berantakan, hal ini membuat Catering Jakarta banyak dilirik untuk membantu menyediakan nasi tumpeng yang dibutuhkan.

Tingginya permintaan akan nasi tumpeng untuk beragam acara penting di daerah Jakarta ini, membuat banyak sektor bisnis kuliner yang berdiri, satu di antaranya adalah layanan Catering Jakarta yang menerima pesanan nasi tumpeng. Saat ini siapa pun bisa dengan gampang menemukan layanan Catering Jakarta yang dapat melayani pesanan nasi tumpeng Jakarta Barat dengan beberapa menu nasi tumpeng dan penawaran harga yang sangat bervariasi.

Bagi Anda yang tinggal di Cengkareng, Kalideres, Kapuk, Meruya, Puri Kembangan, Kebon Jeruk, Kedoya, Duri Kepa, Jelambar, Tanjung duren, Grogol, Slipi, Tomang atau Kemanggisan, jika Anda ingin menghidangkan nasi tumpeng yang enak namun tetap dengan penampilan yang cantik, silakan pesan nasi tumpeng tersebut di Dpawon Catering!

Saat ini, selain menyediakan nasi kotak, snack box, coffee break, catering prasmanan dan juga menu gubukan, Dpawon Catering juga menyediakan beberapa pilihan paket nasi tumpeng kuning yang dapat Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran keuangan Anda.

Nasi tumpeng yang disediakan tersebut antara lain adalah nasi tumpeng putih, nasi tumpeng gurih, nasi tumpeng selapanan, nasi tumpeng urap, nasi tumpeng kuning dan nasi tumpeng nujuh bulanan.

Saat ini Dpawon Catering siap melayani pesanan nasi tumpeng untuk wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya. Kawasan Jakarta Barat yang dapat dilayani meliputi daerah Taman Palem, Kapuk, Cengkareng, Kalideres, Semanan, Kamal, Tegal Alur, Pegadungan, Daan Mogot, Rawa Buaya, Puri Kembangan, Duri Kosambi, Kebon Jeruk, Joglo, Kedoya, Meruya, Duri Kepa, jembatan gantung, Angke, Jelambar, Palmerah, Slipi, Tomang, Kemanggisan, Tanjung duren, Grogol, dan pantai Indah Kapuk.

Edit This

No comments

Post a Comment